Pengalaman Hidup Dikontrakan dengan Gaji UMR: Bisa Bahagia? Ya dengan Bersyukur

Memiliki hunian sendiri merupakan hal yang di idam-idamkan oleh banyak orang, namun sepeti yang kita ketahui bahwa membeli rumah ini bukanlah hal yang mudah, terlebih harga rumah ini selalu memiliki kenaikan harga di setiap tahunnya.

Bagi para pengusaha sukses ataupun pekerja yang yang memiliki gaji di atas UMR mungkin bisa dengan mudah membeli umah, namun bagi kita yang hanya memiliki pendapatan dengan gaji UMR mungkin akan mengalami sedikit kesulitan untuk menabung untuk membeli rumah.


Untuk itu sebagian orang lebih memilih untuk ngontrak rumah sebelum mampu membeli rumah sendiri, karena kontrakan ini harganya cukup bervariatif dan masih banyak kontrakan yang bisa di sewa meski kita kerja dengan gaji UMR, tapi ternyata tinggal di rumah kontrakan juga bisa menyenangkan loh.

Meski rumah sendiri dirasa akan menyenangkan, ternyata tinggal di kontrakanpun kita masih bisa merasakan hal yang sama, terlebih ada beberapa kelebihan ketika tinggal di kontrakan, misal dimana kita tidak perlu memikirkan pajak rumah, tidak perlu memikirkan biaya perbaikan rumah, kaena biasanya jika ada kerusakan di suatu kontrakan, perbaikan dari kerusakan tersebut akan di urus oleh pengelola kontrakan.

Harga minimal kontrakan dengan fasilitas 1 kamar, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi dan juga dapur ini biasanya minimal 600 ribu, jadi misal ketika kamu memiliki gaji UMR sbesar 2,5 juta, kamu masih bisa memiliki sisa uang 1,9 juta, sedangkan sisanya masih bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya seperti misal biaya bayar listrik 100 ribu, biaya makan selama 1 bulan 500 ribu, dan masih banyak sisa uang yang bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya dan menabung.

Memang tidak sedikit orang yang mengeluh bahwa tinggal di kontrakan dengan gaji UMR ini bisa menemukan kesulitan, namun nyatanya semua itu kembali lagi pada gaya hidup masing-masing orang, karena ketika kita mampu hidup sederhana tanpa memiliki banyak keinginan ini itu yang dirasa kuang penting, kita bisa hidup nyaman meski hanya memiliki gaji UMR.

Memang terkadang kita sebagai manusia ini selalu memiliki banyak keinginan, namun perlu kamu ketahui bahwa sebesar apapun gaji atau pendapatan kamu, akan tetap dirasa kurang ketika kita tidak pernah bersyukur, dan hal yang selalu membuat kita merasa kurang lainnya yaitu ketika kita lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan.

Biaya hidup ini tidak akan terlalu tinggi ketika kita mampu untuk selalu hidup dengan membelii sesuatu yang dibutuhkan saja, tidak menjalani hidup dengan membeli banyak sesuatu yang di inginkan, seperti contoh, ketika kamu masih memiliki banyak baju bagus, namun kamu masih selalu menginginkan baju yang baru, sampai akhirnya baju tersebut menumpuk dan tidak digunakan lagi.