Mengapa Seorang Ibu Harus Lebih Kita Hormati dibandingkan Seorang Ayah

Kita sebagai anak wajib untuk menghormati dan mencintai kedua oang tua, namun meskipun demikian di dalam agama islam, seorang ibu harus lebih kita muliakan dari pada seorang ayah, mengapa demikian? Banyak alasan yang masuk akal ketika kita mempertanyakan kenapa kita harus lebih menghormati sorang ibu, mari kita bahas bersama.


Ibu Yang Mengandung & Melahirkan

Hal pertama yang jelas mengapa kita harus lebih menghormati ibu adalah dimana ibu merupakan sosok yang telah mengandung kita selama 9 bulan sampai dengan melahirkan kita, jika kita beranggapan bahwa mengandung itu hal yang biasa saja maka kamu salah, karena mengandung 9 bulan bukanlah hal yang mudah, bisa kamu bayangkan selama 9 bulan di dalam tubuh kamu terdapat nyawa lain yang harus kamu jaga baik-baik, sehingga untuk bergerak dan beraktifitaspun segalanya harus di atur.

Selain itu untuk menjaga kesehatan anak di dalam kandungan, seorang ibu juga wajib menjaga pola makan dan asupan gizinya, yang pasti hal tersebut bukanlah hal yang mudah, beda sebelum hamil dimana kita bisa makan seenaknya, tanpa memikirkan asupan gizi.

Dan ketika proses lahiran seorang ibu itu bisa dibilang sedang mempertaruhkan nyawanya, dan semua hal itu tidak akan pernah dirasakan oleh laki-laki manapun, tapi pernah di suatu negara yang membuat alat yang kemudian di pasangkan pada seoang suami agar bisa merasakan bagaimana mengandung, dan hampir semua lelaki yang mencoba mesin tersebut menangis dan kemudian menjadi sadar bahwa pejuangan seorang perempuan yang mengandung itu sangatlah berat.

Ibu Yang Menyusui & Merawat

Hanya seorang ibu yang bisa menyusui dan memberi ASI, dan tentu ibu akan lebih sering merawat anak dari pada seorang ayah dengan begitu ibu bisa dibilang tiga kali lebih menyayangi anak, tiga kali lebih mengerti anak, dan tiga kali lebih perhatian kepada anak dari pada seorang ayah, karena pada umumnya ayah akan lebih sering menghabiskan waktu diluar untuk mencari nafkah.

Kasih sayang ibu sangatlah luas, sehingga kita sebagai anak akan tetap kesulitan untuk menggani atau membalas budi kasih sayang seorang ibu, bahkan saking mulianya seorang ibu, di dalam agama di jelaskan bahwa surga berada di telapak kaki ibu, sehingga kita harus selalu menjaganya.

Memang tidak sedikit kasus ibu yang mentelantarkan anaknya, namun meskipun demikian, di dalam agama Islam seorang anak harus tetap memuliakan seorang ibu meski ibu tidak pernah merawatnya. Jadi seburuk apapun ibu tetap lebih utama dari pada seorang ayah.

Namun meskipun seperti itu, jangan sampai juga kita tidak sayang atau memuliakan ayah, karena seorang ayahpun bisa memiliki kasih sayang yang lebih besar, hanya saja sosok ayah biasanya tidak lebih terbuka untuk menunjukan kasih sayangnya seperti ibu.

Jadi untuk kamu yang tidak memiliki hubungan baik dengan ibu, sudah saatnya kamu untuk berubah, karena seperti yang sudah di jelaskan bahwa seorang ibu yang mungkin tidak sama sekali merawat kamupun pernah mengandung dan juga melahirkan kamu yang dimana hal tersebut harus sangat kamu hargai.

Kasih sayang ibu sepanjang masa, meskipun kamu sudah tua atau dewasa, seorang ibu akan tetap menganggap kamu anaknya yang masih kecil sehingga ia selalu menghawatirkanmu kapanpun dan dimanapun tanpa kamu sadari.